:

Selasa, Maret 10, 2009

so romantik

KISAH CINTA DARI DARATAN CHINA


Satu kisah cinta baru-baru ini keluar dari China dan langsungmenyentuh seisi dunia.
Kisah ini adalah kisah seorang laki-laki dan seorang wanita yanglebih tua, yang melarikan diri untuk hidup bersama dan saling mengasihi dalam kedamaian selama setengah abad.

Laki-laki China berusia 70 tahun yang telah memahat 6000 anaktangga dengan tangannya(hand carved) untuk isterinya yang berusia 80 tahun itumeninggal dunia di dalam goa yangselama 50 tahun terakhir menjadi tempat tinggalnya. 50 tahun yang lalu, Liu Guojiang, pemuda 19 tahun, jatuh cintapada seorang janda 29 tahun bernama Xu Chaoqin ....
Seperti pada kisah Romeo dan Juliet karangan Shakespeare,teman-teman dan kerabat mereka mencela hubungan mereka karenaperbedaan usia di antara mereka dan kenyataan bahwa Xu sudahpunya beberapa anak....
Pada waktu itu tidak bisa diterima dan dianggap tidak bermoralbila seorang pemuda mencintai wanita yang lebih tua.....Untukmenghindari gossip murahaan dan celaan dari lingkungannya,pasangan ini memutuskan untuk melarikan diri dan tinggal disebuah goa di Desa Jiangjin, di sebelah selatan Chong Qing.
Pada mulanya kehidupan mereka sangat menyedihkan karena tidakpunya apa-apa, tidak ada listrik atau pun makanan. Mereka harusmakan rumput-rumputan dan akar-akaran yang mereka temukan digunung itu. Dan Liu membuat sebuah lampu minyak tanah untukmenerangi hidup mereka. Xu selalu merasa bahwa ia telah mengikat Liu dan iaberulang-kali bertanya,"Apakah kau menyesal?" Liu selalumenjawab, "Selama kita rajin, kehidupan ini akan menjadi lebihbaik". Setelah 2 tahun mereka tinggal di gunung itu, Liu mulai memahatanak-anak tangga agar isterimya dapat turun gunung dengan mudah.Dan ini berlangsung terus selama 50 tahun. Setengah abad kemudian, di tahun 2001, sekelompok pengembara(adventurers) melakukan explorasi ke hutan itu. Merekaterheran-heran menemukan pasangan usia lanjut itu dan juga 6000anak tangga yang telah dibuat Liu. Liu Ming Sheng, satu dari 7 orang anak mereka mengatakan, "Orangtuaku sangat saling mengasihi, mereka hidup menyendiri selamalebih dari 50 tahun dan tak pernah berpisah sehari pun. Selamaitu ayah telah memahat 6000 anak tangga itu untuk menyukakanhati ibuku, walau pun ia tidak terlalu sering turun gunung.
Pasangan ini hidup dalam damai selama lebih dari 50 tahun.. Suatuhari Liu yang sudah berusia 72 tahun pingsan ketika pulang dariladangnya. Xu duduk dan berdoa bersama suaminya sampai Liuakhirnya meninggal dalam pelukannya. Karena sangat mencintaiisterinya, genggaman Liu sangat sukar dilepaskan dari tangan Xu,isterinya. "Kau telah berjanji akan memeliharakanku dan akan terusbersamaku sampai aku meninggal, sekarang kau telahmendahuluikun, bagaimana akan dapat hidup tanpamu?" Selama beberapa hari Xu terus-menerus mengulangi kalimat inisambil meraba peti jenasah suaminya dan dengan air mata yangmembasahi pipinya. Pada tahun 2006 kisah ini menjadi salah satu dari 10 kisah cintayang terkenal di China, yang dikumpulkan oleh majalah ChineseWomen Weekly. Pemerintah telah memutuskan untuk melestarikan "anak tanggacinta" itu, dan tempat kediaman mereka telah dijadikan musiumagar kisah cinta ini dapat hidup terus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar